Cara Menghitung Mikrometer Sekrup Yang Benar


Cara Menghitung Mikrometer Sekrup – Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang dapat mengukur benda dengan ketelitian mencapai 0.01 mm dan banyak digunakan untuk mengukur besaran panjang, ketebalan serta diameter luar sebuah benda.



Tingkat presisi (keakuratan) alat yang satu ini sangat tinggi, yaitu mencapai 0,01 mm atau 10 kali lebih teliti jika dibandingkan dengan jangka sorong yang hanya mencapai 0,1 mm saja. Tingkat presisi yang tinggi ini membuat mikrometer sekrup seringkali digunakan untuk mengukur benda yang memiliki ukuran sangat kecil.

Kegunaan dan Fungsi Mikrometer Sekrup

Fungsi utama mikrometer sekrup adalah untuk dapat mengukur panjang suatu benda, mengukur diameter luar benda dan mengukur ketebalan sebuah benda yang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil seperti benda lempeng baja, aluminium, diameter suatu kabel, kawat, lebar suatu kertas ataupun benda – benda yang lainnya.

Lalu kegunaan dari alat ukur mikrometer sekrup untuk dapat mengukur Panjang, Tebal dan diameter sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm yang merupakan tingkat ketelitian yang jauh lebih tinggi sepuluh kali lipat jika dibandingkan dengan alat ukur jangka sorong. Hal ini karena jangka sorong hanya memiliki tingkat ketelitian sekitar 0.1 mm saja.

Baca juga: Menghitung Subnet Mask

Bagian-bagian mikrometer sekrup adalah sebagai berikut :



Leave a Reply

Your email address will not be published.