Cara Menghitung Cepat Jarimatika Perkalian


Cara Menghitung Cepat Perkalian – Apabila mendengarĀ  kata “matematika”, pikiran kita tentu akan langsung tertuju pada angka-angka dan hitungan. Matematika adalah cabang utama dari ilmu Filsafat. Yang telah menjadi ibu dari segala ilmu. Maka dengan demikian, pengajaran matematika merupakan salah satu hal yang pokok dalam menanamkan nilai-nilai dasar ilmu pengetahuan. Belajar matematika memang akan sangat menyenangkan, karena dibalik apa yang kita merasa sulit, matematika akan menghadirkan suatu keajaiban dalam perhitungan.



Bagi orang dewasa terutama yang tidak lagi bersekolah, kemampuan berhitung matematikanya pasti sudah tak sehandal saat sekolah. Karena faktor usia, yang semakin menua semakin membuat ingatan lemah. Apabila Anda ingin meningkatkan kembali kemampuan berhitung, mari sama-sama kita belajar, kali ini dengan cara cepat perkalian, yang mungkin tak banyak diajarkan saat kita masih sekolah dulu. Metode-metode tersebut diantaranya :

Baca juga: Penjumlahan Pecahan Campuran

  1. Berhitung pengalian 6,7,8,9 dengan menggunakan jari tangan

Mungkin masih mudah untuk menghitung perkalian 1 sampai 5, namun untuk perkalian 6 keatas, sebagian dari kita mungkin banyak yang mulai bingung. Metode ini tak banyak dijumpai/diajarkan saat sekolah, namun dapat membuat proses menghitung jadi sangat cepat :

  • Tandai setiap jari di tangan kanan & kiri anda dengan nomor imajinatif, dimulai dari nomor 6 untuk jari kelingking hingga jari jempol menjadi nomor 10.
  • Misal Anda ingin melakukan perkalian 7 x 8, pertemukan kedua jari Anda yang telah ditandai dengan nomor yang diinginkan. (gambar)
  • Angka pada bagian bawah, termasuk juga jari yang dipertemukan, bernilai puluhan.
  • Lalu, sisa jari pada bagian atas dikalikan untuk mendapatkan angka bernilai satuan.
  • Untuk hasil akhir, gabung/jumlahkan angka bernilai puluhan dan satuannya.
  1. Berhitung cepat pengalian 9 versi pertama

Pada perhitungan perkalian sembilan, yang harus di ingat adalah nilai angka puluhan makin meningkat dan nilai angka satuan makin menurun, yang nantinya total puluhan ditambah satuan harus sama dengan sembilan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.