Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dan Laki-Laki


Menghitung Berat Badan Ideal – Berat badan ideal sudah pasti menjadi dambaan semua orang, baik pria ataupun wanita. Mempunyai berat badan yang ideal tentunya akan lebih meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun laki-laki sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Walapun di jaman sekarang ini sudah ada aplikasi gadget untuk menghitung berat badan ideal, menghitung sendiri dengan rumus pun sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dan bahkan bisa anda lakukan sendiri.

Selain dapat meningkatkan penampilan dan percaya diri, dengan memiliki berat badan ideal maka tubuh akan menjadi jauh lebih sehat asalkan cara mendapatkan berat badan ideal tersebut anda lakukan dengan benar. Tubuh juga akan menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Banyak sekali orang bertanya-tanya, apakah berat badan  mereka sudah ideal atau belum ?Untuk bisa  mendapatkan berat badan ideal pada intinya tidak hanya dari faktor hasil timbangan saja. Menurut World Health Organization atau yang disebut biasa juga organisasi kesehatan tingkat dunia,  ada standar berat badan tersendiri yang harus terpenuhi sehingga seseorang bisa  dikatakan sudah mempunyai berat badan yang ideal.

Baca juga: Cara Menghitung Index Massa Tubuh

Ada rumus tersendiri yang  harus anda ketahui untuk menghitung berat badan ideal. Anda bisa  menggunakan rumus yang  biasa dijadikan sebagai acuan yakni rumus BMI “Body Mess Index” dan Brocha untuk menghitung berat badan ideal.

 

Jika saat ini anda sedang gelisah memikirkan berat badan anda, apakah sudah masuk kategori ideal atau belum? Maka anda bisa coba menghitung menggunakan kedua rumus yang sudah kita sebutkan tadi.

Cara menghitungnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dilakukan sendiri. Sekarang, mari kita bahas bagaimana cara menghitung berat badan dengan menggunakan rumus-rumus tersebut.

Cara Menghitung Berat  Badan Ideal dengan Rumus BMI

Rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa disebut IMT (Indek Massa Tubuh), sering di jadikan acuan untuk mengetahui berat badan seseorang. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Sehingga hasilnya akan menunujukkan  berat badan ideal orang tersebut.

Rumusnya adalah sebagai berikut :

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh:  Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

Jika tidak mau repot maka bisa menggunakan kalkulator BMI online dibawah ini:

Berat Badan   kg
Tinggi   cm
Standar Pengukuran

NB: * Masukan tinggi dan berat badan anda pada kolom dibawah

Kalkulator BMI ini tidak berfungsi dengan baik jika anda membuka dengan UC Browser atau Opera Mini

Hasil dari rumus perhitungan BMI telah memiliki kriteria/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan mereka telah menetapkan kriteria tersebut. Berikut ini nilai yang ditetapkan:

Standar BMI Untuk Wanita

Nilai BMI Kategori
BMI < 18 Under Weight/Kurus – Sebaiknya mulai menambah berat badan dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
BMI 18 – 25 Normal Weight/Normal – Bagus, berat badan anda termasuk kategori ideal
BMI 25 – 27 Over Weight/Kegemukan – anda sudah masuk kategori gemuk. sebaiknya hindari makanan berlemak dan mulailah meningkatkan olahraga seminggu minimal 2 kali
BMI > 27 Obesitas – Sebaiknya segera membuat program menurunkan berat badan karena anda termasuk kategori obesitas/ terlalu gemuk dan tidak baik bagi kesehatan

Standar BMI Untuk Pria

Nilai BMI Kategori
BMI < 17 Under Weight/Kurus – Tambah konsumsi makanan berkalori
BMI 17 – 23 Normal Weight/Normal – Selamat berat badan anda termasuk ideal
BMI 23 – 27 Over Weight/Kegemukan – Harus waspada
BMI > 27 Obesitas – Warning, sebaiknya memulai program menurunan berat badan agar lebih ideal.

Tabel Standar BMI Untuk Pria dan Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

Seperti yang  telah kita bahas di atas, selain menggunakan rumus BMI, rumus Brocha juga sering digunakan sebagai acuan untuk menentukan berat badan ideal  seseorang. Sekarang, kita akan bahas bagaimana cara menggunakan rumus Brocha untuk mengetahui berat badan ideal anda. Rumusnya adalah sebagai berikut :

Rumus Brocha Untuk menghitung berat badan ideal wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

NBProsentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Rumus Brocha Untuk menghitung berat badan ideal pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg 

Kedua rumus di atas bisa menambah referensi anda untuk cara menghitung berat badan ideal sesuai tinggi badan anda. Pentingnya mengetahui berat badan yang ideal, tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan anda.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Karena seperti yang kita ketahui,  jika berat badan lebih dari rata-rata pada umumnya itu tidak baik untuk kesehatan. Demikian juga sebaliknya, untuk berat badan yang kurang. Semoga informasi ini bermanfaat.­

Advertisement

Leave a Comment