Cara Menghitung Skala Pada Peta Yang Benar

Menghitung Skala Peta – Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menghitung skala karena dianggap rumit. Padahal cara tersebut sebenarnya cukup mudah dan bahkan dapat dilakukan oleh anak SD sekalipun asalkan paham rumus-rumusnya. Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus skala peta, Cara menghitung skala peta, cara untuk mencari jarak pada peta, cara untuk menghitung skala, rumus skala pada peta, rumus untuk mencari skala, skala peta, rumus bagaimana mencari jarak sebenarnya, cara untuk menghitung skala pada peta, rumus jarak peta, rumus untuk mencari jarak sebenarnya, cara untuk menghitung perbandingan skala, rumus skala matematika, rumus untuk perbandingan skala dan cara untuk mencari jarak sesungguhnya.

Umumnya, perhitungan untuk  skala peta bisa digunakan untuk menghitung jarak sesungguhnya pada wilayah yang telah digambarkan pada peta. Sebaliknya, jika dengan membandingkan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya, maka kita dapat mengetahui skala pada peta tersebut.

Cara Menghitung Skala Pada Peta

Berikut ada beberapa yang dapat dilakukan untuk perhitungan skala:

  1. Perhitungan Dalam Skala Angka

Dalam menghitung skala angka, untuk menghitung jarak pada wilayah sesungguhnya dengan menggunakan peta, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Rumus

Contoh menghitung jarak sebenarnya

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 5 cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B.

Jawab:

Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
= 5 cm × 10.000.000 / 1
= 50.000.000 cm

Sementara itu, untuk dapat mengetahui skala dengan menggunakan peta, kita dapat memakai rumus sebagai berikut.

Rumus Skala Peta Terlengkap


Contoh mencari skala peta

Jarak antara kota C dan kota D pada suatu peta adalah 8 cm. Jarak sebenarnya antara kota C dan kota D adalah 160 km. Berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan cm?

Jawab:

Skala = Jarak pada Peta : Jarak Sesungguhnya
= 8 cm : 160 km
= 8 cm : 160.000.000 cm
= 1 : 2.000.000

  1. Perhitungan Dalam Skala Batang

Dalam  perhitungan dengan skala, kita dapat menggunakan ukuran pada batang grafis dan garis lurus yang terdapat di bawah gambar pada peta. Dalam batang garis dan batang grafis, jarak pada suatu ruas dan kolom adalah sama dan pada asing-masing ruas telah mewakili jarak tertentu.  Skala batang tentu berbeda dengan skala angka. Jika suatu peta diperkecil dengan cara difotokopi, skala batang akan masih tetap digunakan tanpa harus dikonversi.
Biasanya dalam skala batang memiliki masing-masing ruas yang panjangnya 1 cm, yang akan mewakili jarak sebenarnya. Misalnya pada sebuah peta mempunyai skala 1 :  100.000, maka skala batang mempunyai panjang dengan  masing-masing ruas 1 cm.

Contoh:

Jarak antara Desa Sarirejo dengan Desa Purwoasri pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Jawab:

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.