Cara Menghitung Nilai skor TOEFL Dengan Mudah

Skor TOEFL – TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) merupakan tes bahasa inggris sebagai persyaratan untuk dapat kuliah atau bekerja di luar negeri, terutama di negara-negara yang memakai bahasa inggris sebagai pengantar bahasa mereka. Dapat  memperkirakan nilai TOEFL setelah berlatih tes hal tersebut adalah kepuasan tersendiri, yang artinya anda bisa mengetahui tingkat kemampuan anda dalam mengerjakan soal TOEFL. Apalagi berkaitan dengan  yang bisa anda peroleh pada saat berhadapan dengan tes yang sebenarnya.

Pada saat nilai TOEFL dikalkulasikan, anda akan memperoleh skor antara 20-68 untuk semua sesi baik pada Listening, Structure and Writen Express ataupun Reading.  Jadi, perhitungan  nilai secara keseluruhan anda akan memperoleh skor antara 310 – 677, 310 untuk skor terendah dan 677  untuk skor tertinggi.

Berikut ini adalah tabel Cara menghitung skor TOEFL (tabulasi skor TOEFL) :

Contoh soal

Dalam sesi pertama 35 soal Anda jawab dengan benar. Lalu di sesi kedua sebanyak 30 jawaban benar dan pada sesi ketiga 48 jawaban yang benar. Maka perhitungan tabulasi skor berdasarkan contoh tersebut adalah :

Section 1

Section 2

Section 3

Jawaban benar

35

30

48

Nilai Konversi

54

54

65

Langkah berikutnya:

  1. Tambahkan semua nilai konversi:  54 + 54 + 65 = 173
  2. Bagi tiga : 173/3 = 57.7
  3. Kalikan 10 : 57.7 x 10 = 577

Jadi, nilai TOEFL anda 577.

Contoh 2

Contoh 3

Dalam tes TOEFL yang memiliki kepentingan untuk mengukur standar tingkat atau level penguasaan bahasa inggris yang diperlukan oleh suatu lembaga ataupun piha-pihak tertentu yang memerlukan sertifikat TOEFL , terdapat 4 tingkatan level skor yang diakui, dengan nilai minimum skor 310.  Adalah sebagai berikut ini:

  1. 310-420 = tingkatan dasar (elementary)
  2. 420-480 = tingkatan menengah bawah (low intermidiate)
  3. 480-520 = tingkatan menengah atas (high intermediate)
  4. 525-677 = tingkatan mahir (advance)

Umumnya, untuk skor TOEFL yang diperlukan untuk tes CPNS dan kuliah pascasarjana berkisar diantara poin 2 dan 3. Sedangkan untuk kepentingan sekolah di luar negri di perlukan skor TOEFL tingkat mahir  (advance), namun ada juga yang memperoleh skor TOEFL tingkatan menengah atas. Skor yang mereka perlukan adalah sebagai persyaratan yang mereka buat dan bisa saja berubah sesuai dengan aturan atau kebijakan mereka. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengechek ulang skor TOELD yang mereka perlukan

Apabila anda menggunakan software ataupun aplikasi Genius TOEFL, maka nilai belajar dan skor TOEFL anda akan bisa langsung muncul sesuai dengan perhitungan jawaban anda yang berdasarkan perhitungan konversi di atas. Sebaiknya gunakan program ini sebagai media belajar untuk dapat memahami dan mengusai materi TOEFL serta  kunci rahasia menjawab soal TOEFL sehingga anda akan mengerti dan memahami bentuk soal dan menemukan solusi untuk dapat menjawab soal-soal TOEFL dengan mudah dan tepat.