Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Rumus IMT – “Menjaga berat badan dapat menghindari dari berbagai macam penyakit” mungkin petuah ini sudah sering anda dengar dari waktu ke waktu. Mungkin juga anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara menghitung berat Badan ideal . Jika iya, banyak juga orang  diluar sana yang  menanyakan pertanyaan seperti ini. Berat badan ideal tergantung dari tinggi badan ataupun dari jumlah massa otot yang telah dimiliki seseorang. Kita dapat mengetahui berat badan seseorang  yang ideal ataupun tidak dengan cara menghitung Indeks massa tubuhnya (IMT)

Rumus Indeks Masa Tubuh

Indeks Masa Tubuh (IMT) merupakan Metrik standar yang dipakai untuk menentukan siapa yang masuk dalam golongan berat badan yang sehat ataupun yang tidak sehat. IMT diperoleh dengan cara membagi berat badan dengan tinggi tinggi badan kuadrat. Berat badan dihitung memakai satuan kilogram (kg). Sedangkan tinggi badan dihitung dalam satuan meter (m). IMT akan membandingkan antara berat badan anda dengan tinggi anda, dihitung dengan cara membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Gambar berikut ini merupakan rumus untuk mendapatkan indeks massa tubuh dengan tabel nilai masing-masing hasilnya.



Contoh Perhitungan Berat Badan Yang Ideal Dengan IMT

Misalnya ada seseorang dengan tinggi 165cm mempunyai berat badan 73kg. Apakah kit ingin menghitung IMT pada orang tersebut. Maka berikut ini adalah proses perhitunganya.

Yang perlu dicatat, pengkuran menggunakan rumus ini hanya dapat diterapkan untuk mereka yang berusia di bawah 60 tahun. Perhitungan indeks massa tubuh ini juga tidak dapat diterapkan untuk penderita kronis, ibu hamil, ibu yang menyusui, anak-anak dan atlet.

Berat Badan = 67 kg;
Tinggi Badan = 165 cm = 1,65 m;
IMT = Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan) = 67 / (1,65 x 1,65)
IMT = 24,6

Mengapa Menjaga Berat Badan Agar Selalu Ideal Itu Penting?

Menjaga berat badan ideal adalah bagian yang sangat penting dalam gaya hidup sehat. Orang-orang yang telah mengalami kelebihan berat badan biasanya akan lebih gampang untuk dapat terkena penyakit. Beberapa penyakit yang biasanya dapat menyerang orang yang memiliki berat badan yang berlebihan antara lain jantung koroner, Stroke, darah tinggi, kencing manis, dan penyakit pada sendi penahan berat badan (sendi panggul dan juga lutut).

Begitu pula sebaliknya, apabila berat badan seseorang  jauh dibawah normal juga akan menyebabkan masalah kesehatan. Mereka akan mempunyai resiko infertilitas dan juga osteoporosis yang tinggi. Kunci yang paling utama untuk menjaga berat badan agar selalu berada dibatas yang normal adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga.