Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) Pria Dan Wanita

Rumus BMI – Memiliki berat badan yang ideal sudah pasti menjadi dambaan semua orang baik pria ataupun wanita. Dengan memiliki berat badan yang ideal tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak juga orang yang bertanya-tanya dalam hati ,apakah mereka sudah memiliki berat badan yang ideal atau belum?

Untuk mengetahui berat badan yang ideal tidak cukup apabila hanya mengacu pada berat hasil timbangan saja. Perlu anda ketahui untuk dapat menentukan berat badan ideal atau tidak ada rumus yang dapat digunakan. Seperti rumus yang banyak dijadikan acuan yaitu rumus BMI.

Body Mass Index (BMI) merupakan suatu perhitungan kalkulasi yang berdasarkan pada tinggi dan berat badan anda dan pada akhirnya dipakai untuk dapat mendeteksi berat badan anda apakah tergolong kurus, berat badan yang ideal dan gemuk atau obesitas.

Menurut sebuah penelitian, jika BMI anda terletak pada 25 atau bahkan lebih maka anda akan mempunyai resiko yang tinggi untuk terkena penyakit jantung, osteoarthritis, berbagai tipe kanker dan diabetes level 2. Begitu juga sebaliknya apabila rendah BMI atau di bawah 18 akan memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit osteoporosis atau pertanda kesehatan tubuh yang tidak baik. Disarankan jika BMI anda telah melebihi 27 atau kurang dari 18 sebaiknya anda meminta saran kepada dokter untuk dapat memandu anda di  program pengaturan berat badan untuk hidup yang lebih sehat.

Mengenai cara menghitung BMI untuk wanita ataupun pria adalah sama, selama mereka memiliki usia diatas 20 tahun. Dan dalam perhitungan untuk dibawah  usia 20 tahun akan sedikit berbeda. Namun perlu diingat, dalam perhitungan BMI kadang-kadang juga menyesatkan khususnya pada kasus atlet ataupun olahragawan. Hal ini dikarenakan profesi mereka massa berat badan yang berasal dari massa otot sehingga sekalipun apabila BMI menunjukkan kegemukan ataupun obesitas, hal ini tidak dapat terjadi. Pada dasarnya BMI diantara 18,5 dan 25 akan dianggap normal dan apabila BMI berjalan diatas 40 sudah pasti akan berbahaya.

Umumnya masyarakat kita kebanyakan untuk wanita akan merasa berat badan ideal apabila BMI diantara 20 dan 22 sedangkan untuk pria akan merasa berat badan ideal apabila diantara 23 dan 25.

Cara Menghitung BMI (Body Mass Index)

Ada dua cara menghitung BMI yang bisa kita pakai. Yakni dengan kalkulator dan manual. Untuk pembahasan ini kita akan menggunakan cara manual.

Rumus Menghitung BMI (Body Mass Index)

Rumus untuk menghitung BMI juga sangat sederhana dan mudah. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung BMI:

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan)

Keterangan:

  • Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
  • Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)

Contoh Cara Menghitung BMI

Berat badan Riska adalah 65 kg dan Tinggi Badan anda adalah 1,70 m (170cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI Riska?

BMI = 65kg / (1,70 x 1,70)
BMI = 22,49 → Normal

Kategori BMI (Body Mass Index)

Supaya Anda mudah dalam memahami nilai BMI, Anda bisa melihat tabel kategori BMI. Berikut adalah tabel BMI berdasarkan Departemen Kesehatan RI.